MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial
Vol 2, No 2 (2018)

Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Politik Luar Negeri melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor

Ruster Sianturi (SD Negeri 067690 Medan Johor)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar politik luar negeri melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran PKn siswa Kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor.yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44% yang diperoleh sebesar 55%. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69% yang diperoleh adalah sebesar 87%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa guru sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.Kata Kunci: Politik Luar Negeri, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mkd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel dengan tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan, sejarah, dan ilmu-ilmu sosial baik lingkup lokal dan nasional, akademik, maupun lingkup umum. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. ...