JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol 1, No 1 (2019): JIPM

LEVEL PENALARAN ALJABAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Puspitasari, Ericha Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level penalaran aljabar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini 3 siswa kelas V sekolah dasar di Purworejo. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball. Pengumpulan data menggunakan aktivitas pembelajaran dengan media pendukung berupa Lembar Kerja Siswa, lembar obser-vasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aktivitas pada pembelajaran matematika yang belum masuk pada level penalaran aljabar yang dikemukakan oleh Godino yaitu level 1,5. Tahapan tersebut terlewati secara bertahap dari level 0 sampai level 3 dan melewati level 1,5 yaitu mengaitkan konsep bangun persegi dengan simbol aljabar sebelum sampai pada level 2. Aktivitas subjek yang dilakukan pada level ini lebih pada pengkaitan objek dengan konsep lain dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...