Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SEMESTER II MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BERAT BENDAPADA SDN 2 TRAYU KECAMATAN SINGOROJO KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Iswahyudi Joko Suprayitno (Unknown)
Kasiyati Windiar Suherny (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2014

Abstract

ABSTRAK                  Mempelajari matematika bagi beberapa siswa masih dianggap sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit. Lebih-lebih kelas rendah, perlu meletakkan dasar yang benar dan jangan sampai salah langkah. Tujuan penelitian dilakukan dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I semester II pada mata pelajaran matematika,materi tentang berat benda melalui penerapan metode Demostrasi dengan alat peraga timbangan bambu. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada prasiklus yang belum mencapai KKM sebesar 70. Karena pada prasiklus hanya menggunakan metode caramah  dan tidak menggunakan peraga. Pembelajaran siklus I dan siklus II dilaksanakan berdasarkan hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga timbangan bambu. Dari hasil penelitian diperoleh dari  tes formatif tiap tiap siklus dan dianalisa secara komparatif. Penelitian yang dilakukan menunjukan hasil yang sangat memuaskan terbukti dari hasil belajar prasiklus,siswa yang mencapai nilai KKM  sebanyak 9 anak atau 34,61 % , kemudian pada siklus I naik menjadi 16 anak atau 62 % dan pada siklus II mencapai 24 anak atau 92 %. Dari data tesebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metote demonstrasi dan penggunaan peraga timbangan bambu dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kata kunci : Matematika, Metode Demonstrasi, dan Alat Peraga  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...