Kurangnya aktivitas dan motivasi belajar yang menampak pada saat siswa menjawab pertanyaan guru dan anggapan bahwa kimia merupakan mata pelajaran yang sulit menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Gringsing kurang maksimal sehingga ketuntasan belajar tidak tercapai baik secara klasikal maupun individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) melalui metode eksperimen aplikatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI IPA 1 sejumlah 38 orang. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi guna mengetahui kondisi awal, tes,   observasi, dan angket untuk mengevaluasi hasilnya. Peningkatan hasil belajar kognitif dievaluasi dengan tes, aspek afektif dan psikomotor diperoleh dari pengamatan mengacu lembar observasi dan angket Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotorik yang signifi kan dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus III. Kata Kunci: pendekatan SETS, eksperimen aplikatif
Copyrights © 2009