Penelitian  ini  dilatarbelakangi    oleh  rendahnya  prestasi  belajar mahasiswa  pada mata  kuliah Kimia Dasar  I. Mahasiswa belum dapat belajar  secara mandiri dan proses pembelajarannya  belum  dapat mengaktifkan mahasiswa. Penelitian  dilakukan  dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri atas  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  refl eksi,  data  yang  diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif.. Responden adalah mahasiswa program studi Kimia  semester 1 yang aktif mengikuti mata kuliah Kimia Dasar I.indikator keberhasilan yang akan dicapai adalah minimum 85% mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini dapat lulus dan batas nilai ketuntasan  mahasiswa adalah lebih besar dari 70. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan metode pendekatan Modifi cation of Reciprocal Teaching (MODERAT) dapat meningkatkan hasil belajar matakuliah Kimia Dasar I pada mahasiswa Jurusan kimia semester 1 Tahun akademik 2008/2009. Kata Kunci: hasil belajar, modifi cation of reciprocal teaching
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009