Penelitian ini dilatarbelakangi   oleh rendahnya prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar I. Mahasiswa belum dapat belajar secara mandiri dan proses pembelajarannya belum dapat mengaktifkan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refl eksi, data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif.. Responden adalah mahasiswa program studi Kimia semester 1 yang aktif mengikuti mata kuliah Kimia Dasar I.indikator keberhasilan yang akan dicapai adalah minimum 85% mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini dapat lulus dan batas nilai ketuntasan mahasiswa adalah lebih besar dari 70. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan metode pendekatan Modifi cation of Reciprocal Teaching (MODERAT) dapat meningkatkan hasil belajar matakuliah Kimia Dasar I pada mahasiswa Jurusan kimia semester 1 Tahun akademik 2008/2009. Kata Kunci: hasil belajar, modifi cation of reciprocal teaching
Copyrights © 2009