Mahasiswa S1 PBB
No 1 (2013): E-journal Pendidikan Bahasa bali

Studi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Siswa Berkomunikasi Bahasa Bali Alus (Studi Kasus Siswa Kelas XII TGB 2 SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013)

Eka Wirawan, Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2013

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Bali memiliki empat aspek yaitu aspek menulis, membaca, berbicara dan menyimak. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang paling dasar untuk diajarkan dalam pembelajaran bahasa Bali terlebih lagi dalam pembelajaran menulis aksara Bali. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar bebicara bahasa Bali alus. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pola pembelajaran bahasa Bali yang diterapkan di kelas XII TGB 2 siswa SMK Negeri 3 Singaraja? (2) Kendala-kendala apa saja yang menyebabkan para siswa kelas XII TGB 2 kesulitan berkomunikasi bahasa Bali alus siswa SMK Negeri 3 Singaraja? (3) Bagaimana upaya-upaya guru yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan berkomunikasi bahasa Bali alus siswa kelas XIITGB 2 SMK Negeri 3 Singaraja.          Penelitian tiandakan kelas ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pola pembelajaran bahasa Bali bagaimana yang diterapkan di kelas XII TGB 2 SMK Negeri 3 Singaraja, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang menyebabkan para siswa kesulitan berkounikasi bahasa Bali alus siswa kelas XII TGB 2 SMK Negeri 3 Singaraja, (3) Untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru untk mengatasi kesulitan berkounikasi bahasa Bali alus siswa kelas XII TGB 2 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 25 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan.          Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi dan teori interaksi simbolis. Pembelajaran yang diterapkan yaitu model interaksi sosial ini adalah kerja kelompok (diskusi).         Pelaksanaan penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 bulan yaitu dari awal bulan februari sampai akhir april. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pencatatan dokumen.xiii Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa pola,model dan metode pembelajaran bahasa Bali adalah dengan paikem. Kemudian pola pembelajaran bahasa Bali diterapkan dibagi menjadi dua yaitu (1) tata bahasa dan (2) pengenalan aksara Bali, bahasa Bali yang diterbagi atas basa alus yang mana basa alus ini dibagi lagi menjadi basa alus singgih, basa alus madia, basa alus sor dan basa alus mider, kemudian basa kapara dan basa kasar.          Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kesulitan berkomunikasi bahasa Bali alus siswa sulit membedakan penggunaan alus singgih,alus madya, dan alus sor keterbatasan pengetahuan tentang bahasa Bali alus, sulit menentukan kata yang masuk kedalam alus singgih,alus sor, alus madya, kosa kata yang dimiliki siswa sangat kurang, guru yang mengajar bahasa Bali di kelas XII TBG2 yaitu bukan guru pedidikan bahasa Bali, berasal dari faktor siswa itu sendiri yaitu kurangnya rasa antusias, faktor eksternal dari siswa tersebut meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, siswa yang berasal dari sekolah tidak umum, sepeti madrasah atau umat lain.               Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan berkomunikasi bahasa Bali alus : upaya yang pertama sekali diupayakan penambahan jam mata pelajaran bahasa Bali, megadakan lomba-lomba cerdas cermat tentang bahasa Bali yang sudah diselanggarakan oleh radio teknik, memberikan dharma wacana yang bertemakan tentang bahasa Bali pada saat purnama tilem, mengadakan hari yang disebut dengan Bali’s day, mengdakan lomba-lomba mapidato maupun dhama wacana  antar kelas dalam perayaan hari saraswati, mengadakan pesantian di SMK Negeri 3 Singaraja.Kata kunci : studi faktor-faktor, mempengaruhi kemampuan, berkomunikasi, bahasa Bali alus

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

S1PBB

Publisher

Subject

Education

Description

Memuat jurnal hasil penelitian mahasiswa Strata 1(satu) Program Studi Pendidikan Bahasa Bali Fakultas Dharma Acarya IHDN ...