Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 6, No 1 (2016)

KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN EFIKASI DIRI SISWA SMA

AYU SRI WIDYANTINI . (Unknown)
PROF.DR. NI PUTU RISTIATI, M.Pd. . (Unknown)
DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN, M.Si. . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengomparasikan: (1) perbedaan pemahaman konsep biologi dan efikasi diri siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang belajar dengan model pemblajaran kooperatif tipe TPS, (2) perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, (3) perbedaan dan efikasi diri siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang belajar dengan model pemeblajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X3 dan X5 SMA N 1 Sukawati tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik simple group random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Hasil analis menyatakan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan efikasi diri siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan siswa yang belajar dengan model pemebelajaran kooperatif tipe TPS ( F=3,830; p

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...