Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis proyek dalam komunitas science club. Kegiatan ilmiah tidak terlihat dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler sains. Penelitian ini melibatkan beberapa subyek, yakni validator yang terdiri dari para ahli dan guru-guru praktisi, serta siswa kelas VIII ekstrakurikuler sains di SMP Negeri 1 Negara. Validitas empiris berdasarkan masukan para ahli dan praktisi diperoleh melalui FGD (Focus Group Discussion). Skala validitas diperoleh melalui lembar validasi modul. Kepraktisan modul diperoleh melalui angket observasi keterlaksanaan modul, angket respon guru, dan angket respon siswa. Efektivitas modul dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui penelitian pra-eksperimen dengan melakukan pretest dan post-test yang selanjutnya diuji secara statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal, yakni: 1) modul tergolong sangat valid dengan skor rata-rata 4,40; 2) modul tergolong sangat praktis dengan skor rata-rata keterlaksanaan 4,38, tergolong sangat praktis dengan skor rata-rata respon guru 4,54, dan tergolong sangat praktis dengan skor rata-rata respon siswa 4,40; dan 3) modul tergolong efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP berdasarkan hasil uji-t nilai pretest dan post-test (t=16,67; p
Copyrights © 2016