Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 7, No 1 (2017)

STUDI KOMPARASI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN BERPIKIR KREATIF SISWA

NI WAYAN SUPARMI . (Unknown)
PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. . (Unknown)
DR. NI MADE PUJANI, M.Si. . (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dua model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep dan berpikir kreatif. Rancangan dalam Penelitian ini adalah pretes post-test control group design. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas X SMK N 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random selection. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan 25 item tes pemahaman konsep, sedangkan data berpikir kreatif siswa dikumpulkan dengan 24 item tes berpikir kreatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep dan berpikir kreatif antara siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri bebas dan inkuiri terbimbing (F = 16,694; p

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...