Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 6, No 1 (2016)

KOMPARASI PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR 5E DAN MODEL SIKLUS BELAJAR 7E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP

DIAN DWIPA JAYANTHI . (Unknown)
PROF.DR. NI PUTU RISTIATI, M.Pd. . (Unknown)
DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN, M.Si. . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengomparasi perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E dengan kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 7E, (2) mengomparasi perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E dengan kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 7E, (3) mengomparasi perbedaan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E dengan kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 7E. Jenis penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 10 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIIA ¬sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model siklus belajar 5E dan siswa kelas VIIB sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model siklus belajar 7E. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep IPA dan kuesioner sikap ilmiah. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E dengan kelompok siswa yang belajar dengan model siklus belajar 7E (F = 4,297; p

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...