Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 9 No 2 (2019): Agustus 2019

Pengembangan Model Pembelajaran Outbound pada Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa

Humaedi Humaedi (Universitas Tadulako)
Hendra Iskandar (Universitas Tadulako)
Ikhwan Abduh (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menjadi media atau model pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani, 2)Melalui media pembelajaran Outbond diharapkan mampu meningkatkan kompetensi kebugaran jasmani siswa. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development (R&D). tahapan penelitian meliputi a) Analisis Kebutuhan, b)Penelitian awal dan pengumpulan informasi, c)Perencanaan pengembangan, d)Pengembangan produk awal, d)Uji lapangan awal (validasi ahli), e)Revisi I, f)Uji coba kelompok kecil, g)Revisi II, h)Uji coba kelompok besar, i)Desiminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian uji tahap kedua didapatkan bahwa hasil perhitungan persentase klasifikasi tingkat kesegaran jasmani siswa dan nilai rata-rata perolehan tes kesegaran jasmani siswa sebesar 11,67 yang apabila di masukkan dalam tabel norma penilaian kesegaran jasmani maka secara umum terlihat bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN Terpadu Madani masih berklasifikasi sedang, namun apabila dilihat jumlah siswa yang berklasifikasi kesegaran jasmani baik telah banyak mengalami perubahan. Sehingga model pembelajaran outbound yang dikembangkan telah baik dan dapat di gunakan dalam pengembangan tingkat kesegaran jasmani siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...