Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 9 No 2 (2019): Agustus 2019

Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang dalam Menyelesaikan Soal Geometri

Yuniar Ika Putri Pranyata (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Geometri merupakan cabang ilmu matematika yang penting dan dipelajari mulai dari usia dini sampai tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan analisis kesalahan yang didasarkan pada tahapan Polya. Subyek penelitian ini adalah 22 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang angkatan 2016 dengan prosedur pengumpulan data melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan 10 mahasiswa berkemampuan matematika yang baik, memiliki kesalahan: penyimpulan jawaban kurang sesuai yang dikehendaki soal ditandai dengan kurang menuliskan satuan pengukuran, salah proses perhitungan serta menggunakan rumus yang salah. Pada 4 mahasiswa berkemampuan sedang, kesalahan yang terjadi adalah kurang paham maksud soal sehingga sebagian informasi saja yang dapat digunakan, kurang bisa dalam mengaitkan informasi dengan rumus geometri yang akan digunakan yang mengakibatkan kesalahan perhitungan dan penyimpulan. 8 mahasiswa dengan kemampuan kurang, memiliki kesalahan: tidak memahami maksud soal, tidak bisa membuat ilustrasi geometri sehingga salah dalam pemilihan rumus geometri sampai pada langkah penyimpulan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...