Penelitian ini bertujuan yang pertama; untuk mengetahui respon siswa terhadap interaksi sosial melalui model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT), kedua; untuk mengetahui respon siswa terhadap motivasi belajar melalui model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT), ketiga; untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII A sebagai kelas control di MTs NU PUTRI 3 Buntet Pesantren. Hasil uji hipotesis melalui uji F nilai Fhitung > Ftabel (21,218 > 1,99) dan nilai signifikansi (0,187 < 0,05), maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan variabel terikat hasil belajar matematika mempunyai efektifitas yang signifikan oleh variabel bebas penerapan interaksi sosial dan motivasi belajar. Persamaan regresi berganda adalah 53.670 + 0,258X1 + 0,001X2 koefisien bernilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas secara signifikan antara interaksi sosial dan motivasi belajar model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan hasil belajar matematika, model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat berperan aktif dalam interaksi sosial dan motivasi dan dapat meningkat hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2019