Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 2 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Partisipasi Sosial Perempuan Dalam Pembangunan Desa Lasiai Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai

Jumiati Abdullah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nursalam Nursalam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sudarsono Sudarsono (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang partisipasi sosial perempuan dalam pembangunan desa lasiai kecamatan sinjai timur kabupaten sinjai. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk partisipasi sosial perempuan dalam pembangunan desa lasiai dan bagaimana dampak partisipasi sosial perempuan dalam pembangunan desa lasiai kecamatan sinjai timur kabupaten sinjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk partisipasi sosial perempuan dalam pembangunan desa lasiai dan untuk mengetahui dampak partisipasi sosial perempuan dalam pembangunan desa lasiai kecamatan sinjai timur kabupaten sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekertaris Desa, Kepala Dusun, Ibu PKK. Pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik pengamatan (Observasi ), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data yaitu dengan sumber data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi sosial perempuan dalam pembangunan desa lasiai yaitu melalui tiga tahap yang pertama yaitu tahap perencanaan adalah perempuan hadir dalam kegiatan rapat musyawarah yang dilakukan bersama aparat desa, Kedua yaitu tahap pelaksanaan dengan meningkatkan pemberdayaan sebagai program seperti program cinta Al-qur’an dan program desa siaga aktif. Ketiga yaitu tahap pengawasan partisipasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pembangunan akan berjalan, dan Dampak partisipasi sosial perempuan dalam pembangunan desa adalah a) dampak positif yaitu pemikiran mulai terbuka (Pendidikan), perekonomian, dan kepemimpinan perempuan b) dampak negatif yaitu adanya pemberian label atau streotipe masyarakat terhadap perempuan. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...