Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 2, No 1 (2017): Terbitan tahun kedua

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis siswa SMP

Dwiyani Sandi, Mei (Unknown)
Fahinu, Fahinu (Unknown)
Makkulau, Makkulau (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2019

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian ini merupan penelitian Quasi Experimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Baubau. Pengambilan sampel kelas dilakukan dengan cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) Penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh secara tidak signifikan daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, (3) Penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar sedang, dan (4) Penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar rendah.Kata kunci: Kemampuan penalaran matematis, kemandirian belajar, Problem Based Learning

Copyrights © 2017