JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 2, No 1 (2017)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbassis E-Learning Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen untuk Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Madiun

Vinanda U’un Ayuningtyas (Universitas PGRI Madiun)
Munoto Munoto (Universitas Negeri Surabaya)
Meini Sondang Sumbawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)  membuat e-learning yang memenuhi syarat layak atau valid sebagai media pembelajaran pada mata kuliah sistem informasi manajemen di Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Madiun, 2) mengetahui hasil belajar mahasiswa yang lebih baik antara yang menggunakan media pembelajaran e-learning dengan yang menggunakan media pembelajaran powerpoint pada mata kuliah sistem informasi manajemen di Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Madiun, 3) mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran e-learning pada mata kuliah sistem informasi manajemen, 4) mendeskripsikan keterlaksanaan media pembelajaran e-learning yang dikembangkan di Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Madiun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Untuk ujicoba produk menggunakan intact group comparison yaitu membandingkan dua kelompok terdiri dari pembelajaran menggunakan media e-learning dan media powerpoint. Kedua kelompok diberi posttest pada akhir proses pembelajaran. Dalam penelitian ini diperoleh data hasil validasi media e-learning untuk aspek isi dikategorikan sangat valid dengan rata-rata hasil rating 85%, aspek tampilan dikategorikan sangat valid dengan rata-rata hasil rating 84% dan aspek bahasa dikategorikan valid dengan rata-rata hasil rating 79,3%. Sedangkan untuk tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 85,5 untuk kelas eksperimen dan 79,5 untuk kelas kontrol. Hasil belajar mahasiswa dari kedua kelompok tersebut kemudian dibandingkan menggunakan uji t. Dari hasil uji t diperoleh dari thitung sebesar 3,747 sedangkan nilai ttabel dengan membandingkan kedua nilai thitung dan ttabel diketahui bahwa thitung>ttabel. Mengacu pada nilai thitung dan ttabel maka pengambilan keputusan hipotesis adalah terima H1 yaitu hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media e-learning lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media powerpoint. Hasil respon mahasiswa terhadap media e-learning rata-rata 3,396 dan dikategorikan sangat baik maka media e-learning layak digunakan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...