Proceeding SENDI_U
2017: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS

EKSPLORASI SUB-SUB SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI PUSAT-PUSAT KERAMAIAN KABUPATEN KULON PROGO

., Suparmin (Unknown)
Roniwijaya, Pairun (Unknown)
Priyanto, Slamet (Unknown)
Rahmat Setiadi, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2017

Abstract

Industri kreatif merupakan primadona penyumbang devisa negara yang besar dan lahan lapangan pekerjaan yang luas yang mampu menyerap jutaan pengangguran di Indonesia. Seiring berkembangnya waktu, sub-sub sektor industri kreatif sekarang ini berjumlah 18 sub sektor yang meliputi: sektor (1) animasi; (2) arsitektur; (3) desain; (4) fotografi; (5) musik; (6) kerajinan; (7) kuliner; (8) Mode; (9) penelitian dan pengembangan; (10) penerbitan; (11) perfilman; (12) periklanan; (13) permainan interaktif; (14) seni pertunjukan; (15) seni rupa; (16) teknologi informasi; (17) televisi dan radio; dan (18) video. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak industri kreatif yang tumbuh di pusat-pusat keramaian di Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian ini menggunakan survei eksploratori dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan langsung ke pusat-pusat keramaian di Kabupaten Kulon Progo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah industry kreatif yang ada dalam area penelitian berjumlah 829 usaha dengan usaha yang paling mendominasi adalah industri kuliner dengan 46,68 persen, mode 22,19 persen, dan teknologi informasi sebesar 12,18 persen. Kata Kunci: ekonomi kreatif, industri kreatif, sub sektor industri kreatif, UMKM, Kabupaten Kulon Progo

Copyrights © 2017