CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Vol 2, No 1 (2013): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya

PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DI PT. CORONET CROWN

Lukito, Vera Teresa ( Universitas Surabaya)
Lianto, Benny ( Universitas Surabaya)
Surjani, Rosita Meitha ( Universitas Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2013

Abstract

Pertumbuhan dan pekembangan yang terjadi pada dunia usaha diIndonesia menyebabkan persaingan yang terjadi di antara perusahaan semakinketat. PT. Coronet Crown harus memiliki strategi bisnis yang tepat agar dapatmempertahankan bahkan meningkatkan penjualan produk. Pertama dilakukananalisis kompetitif untuk mengetahui struktur industri dan analisis SWOT untukmengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan. Tahap input pada strategibisnis meliputi EFEM, IFEM, dan CPM. Total nilai tertimbang pada EFEMadalah 2,075, sedangkan pada IFEM adalah 2,881. CPM didapatkan total nilai PT.Coronet Crown adalah 2,51. Tahap pencocokan menggunakan GSM, matriksSWOT, dan matriks IE. GSM tergolong kuadran I dimana pertumbuhan pasarcepat dan posisi pesaing yang kuat. Matriks IE didapatkan perusahaan beradapada bagian V yaitu pertahankan dan pelihara. Tahap keputusan menggunakanQSPM dan didapatkan total nilai daya tarik paling tinggi adalah strategipengembangan produk dengan nilai 6,082. Strategi usulan tersebutdiimplementasikan kepada salah satu produk yaitu bedak Herocyn. Strategipemasaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kuadrandan STV triangle. Melalui analisis kuadran, didapatkan variabel yang harusditingkatkan oleh perusahaan karena pembeli merasa kurang puas dengan produktersebut. STV triangle berisi mengenai strategy, tactic, dan value.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jimus

Publisher

Subject

Education

Description

CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN ...