Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
Vol 4 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika RAFA

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IX

Mauly Dewanty Agustina (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Agustiany Dumeva Putri (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Tria Gustiningsih (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX di MTs Aulia Cendekia Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu, siswa kelas IX.A sebagai kelas eksprimen dan kelas IX.B sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen diajarkan denganmodel pembelajaran Problem Based Learning. Pengambilan data menggunakan tes dan lembar observasi. Dari hasil analisis data menggunakan uji t dan taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,1439 dan ttabel = 1,9966. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IX di MTs Aulia Cendekia Palembang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmrafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the ...