Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat dengan memperhatikan kepuasan yang menggunakan aspek kualitas pelayanan, pengiriman pesanan dan promosi yang bisa disebut sebagai coorporate image pada apotek di Surakarta. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel independen (kualitas pelayanan, pengiriman pesanan, promosi) terhadap loyalitas konsumen obat dengan kepuasan sebagai variabel intervening sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi yang harus dilakukan apotek di Surakarta. Dengan mengambil sample sebanyak 100 responden konsumen obat yang diambil secara acak di beberapa apotek yang berlokasi di Surakarta. Setelah di olah dengan analisis jalur, diperoleh hasil bahwa pengiriman pesanan mendominasi untuk meningkatkan kepuasan konsumen obat dibandingkan dengan kualitas pelayanan dan promosi. Untuk meningkatkan loyalitas berdasarkan hasil analisis maka harus meningkatkan kepuasan konsumen obat terlebih dahulu karena semua variabel independen secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas. Untuk itu disimpulkan bahwa strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat di apotek Surakarta sebaiknya apotek meningkatkan pelayanan pengiriman pesanan untuk meningkatkan kepuasan yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen obat terhadap apotek di Surakarta.
Copyrights © 2019