Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARANGKA

Yusdila Yusdila (Halu Oleo University)
Suhar Suhar (Halu Oleo University)
Zamsir Zamsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka yang diajar melalui model  pembelajaran Berbasis Masalah; (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka yang diajar melalui model  pembelajaran langsung; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka yang terdiri dari 5 kelas paralel berjumlah 122 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 47 siswa, yang terbagi atas dua kelompok  belajar, yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol berjumlah 23 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...