Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2: Juli 2017

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMA

Syaiful Akbar (Unknown)
Kodirun . (Unknown)
Busnawir . (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawa tahun pelajaran 2015/2016 yang mempelajari materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Berdasarkan hasil  analisis data penelitian diketahui bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended dan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik baik secara keseluruhan siswa maupun ditinjau dari kemandirian belajarsedang dan rendah. (2) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended dan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mempunyai kemandirian belajartinggi. (3) Respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open endeddan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended adalah positif. Siswa senang dan sangat aktif mengikuti  proses  pembelajaran  yang  menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open endeddan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...