Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman isi wacana dengan tes rumpang mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7 Januari 2019. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 33 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemamahan isi wacana, mahasiswa secara keseluruhan termasuk kategori pembaca yang independen/bebas. Hal ini karena persentase skor uji rumpang yang diperoleh mahasiswa lebih di atas 60% (>60%) sebanyak 25 orang mahasiswa. Sementara itu, yang termasuk pembaca berada pada tingkat instruksional yang berkisar antara 41%-60% hanya 8 orang. Selain itu, berdasarkan hasil rata-rata skor kemampuan mahasiswa membaca termasuk kategori cukup mampu.
Copyrights © 2019