Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling
Vol 4, No 1 (2017): JURNAL KOPASTA (JUNI 2017)

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA INTEGRAL HIDAYATULAH BATAM

Rofiqah, Tamama (Unknown)
Sunaini, Sunaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Berdasarkan data hasil belajar UTS Ganjil pada siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah sebanyak kurang dari 50% tidak tuntas. Rendahnya hasil belajar siswa ini salah satunya disebabkan oleh minat siswa terhadap belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah Batam. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan dua hipotesis: a) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah Batam, b) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah Batam. Hasil analisis data diperoleh nilai rxy=0,309 dengan signifikansi 0,0290,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Jadi kesimpulannya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Intergal Hidayatullah Batam.Kata kunci: minat belajar, hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kopastajournal

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science

Description

Jurnal KOPASTA publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling ...