Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2019)

Modul Geometri Kubus dan Balok pada Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara

sumiati, sumiati (Unknown)
Arcana, I Nyoman (Unknown)
Taufiq, Irham (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul untuk pembelajaran Think Pair Share berbasis ajaran Ki Hadjar Dewantara materi geometri kubus dan balok di SMP. (2) mengetahui tingkat kelayakan modul untuk pembelajaran Think Pair Share berbasis ajaran Ki Hadjar Dewantara. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, tetapi hanya dibatasi sampai 5 langkah. Hasil penelitian ini adalah produk berupa modul pembelajaran dengan judul “Belajar Kubus & Balok dengan 3N”. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, modul pembelajaran yang dibuat memperoleh skor rerata 3,5 dan validasi ahli modul memperoleh skor rerata 3,8 serta angket respon peserta didik memperoleh skor rerata 91,44 dan persentase keterlaksanaan pembelajaran adalah 92%. Kelayakan juga didukung oleh korelasi skor angket respon peserta didik dengan tes hasil belajar yaitu dengan kriteria kelayakan berada pada kategori sedang, sehingga modul pembelajaran ini layak untuk digunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...