Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar dan self efficacy mahasiswa kelas E semester 6 FKIP Universitas Muhammadiyah Sorong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Preexperimental dengan desain one group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mencakup seluruh Mahasiswa semester VI Pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong dengan kelas E sebagai sampel acak. data peningkatan self efficacy siswa diperoleh dengan menggunakan lembar angket dan data hasil belajar digunakan tes hasil belajar. Untuk menguji keefektifan model pembelajaran digunakan One sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Group Investigation efektif meningkatkan hasil belajar dan self efficacy mahasiswa. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui Model-Model pembelajaran yang efektif dalam hasil belajar dan self efficacy dalam materi pembelajaran di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019