Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2019)

Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dan Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika

Puspitaningati, Ajeng (Unknown)
Istiqomah, Istiqomah (Unknown)
Agustito, Denik (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang sebenarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian merupakan siswa kelas X TBSM 1 dan X TBSM 2. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments memiliki rata-rata sebesar 60,03 dan yang menggunakan model pembelajaran Make a Match memiliki rata-rata sebesar 68,03. Hasil statistik uji-t diperoleh Sig. 0,052 dan Sig. 0,053 di mana taraf signifikan yang digunakan adalah =0,05 artinya nilai signifikansi lebih dari 0,05. Jadi, Sig  maka H0 diterima, artinya model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) tidak lebih baik dari pada model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...