Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 4, No 2 (2018): November

Implementasi Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI

Ayu Yulistyani Fauziah (Universitas Negeri Malang)
Rizqi Fajar Pradipta (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2018

Abstract

penggunaan sosiodrama dalam mengasah pelafalan kalimat pada anak tunarungu kelas XI SMALB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen dengan desain Quasi ekperimental bentuk time series design, dengan Q1-Q4 pre test untuk mengukur hasil belajar sebelum menggunakan metode sosoidrama dan Q5-Q8 post test untuk mengukur hasil belajar setelah mengunakan metode sosiodrama. Penggunaan metode sosiodrama dalam pelajaran Bahasa Indonesia dapat diterapkan karena selain tujuan utamanya adalah melafalkan kalimat, tetapi juga dapat melatih anak tunarungu pada aspek motorik, konsentrasi, kesabaran, dan ketekunan.

Copyrights © 2018