Tujuan penelitian ini yakni pertama mengetahui bentuk penilaian otentik keterampilan membaca bahasa Inggris melalui strategi metakognitif. Kedua, mengetahui pola penilaian otentik yang tepat dalam keterampilan membaca bahasa Inggris berbasis strategi metakognitif. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data berupa hasil pembelajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini yakni penilaian otentik tepat digunakan untuk keterampilan membaca bahasa Inggris karena dapat mengukur kinerja dan perkembangan membaca secara individu, selain itu penggunaan strategi metakognitif dapat menjadi penghubung yang jelas  antara kemampuan membaca bahasa Inggris yang dimiliki pembelajar dengan perkembangan kemampuan yang dimiliki. Kedua, pola penilaian otentik yang sesuai untuk pembelajar yakni mengedepankan karakteristik pembelajar artinya setiap penilaian individu berbeda dengan individu lain karena berbasis kinerja atau penguasaan diri dalam keterampilan membaca. Kata kunci: keterampilan, membaca, metakognitif , otentik, penilaian. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019