Jurnal Fisika FLUX
Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat

Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII

Irhamna Irhamna (Program Studi Pendidikan Fisika, STKIP Singkawang)
Haris Rosdianto (Program Studi Pendidikan Fisika, STKIP Singkawang)
Eka Murdani (Program Studi Pendidikan Fisika, STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2017

Abstract

Penerapan model learning cycle 5E telah dilakukan pada siswa kelas VIII dengan materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model learning cycle 5E pada materi fluida statis. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Torsina Singkawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model learning cyle 5E dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pada indikator pemecahan masalah dengan skor N-gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang, indikator membuat keputusan dengan skor N-gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang, indikator penyelidikan percobaan dengan skor N-gain sebesar 0,33 dengan kategori sedang dan indikator menyimpulkan dengan skor N-gain sebesar 0,37 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

f

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Fisika FLUX is a peer-reviewed, open access journal that publishes original research articles, review articles, as well as short communication in all areas of physics including applied physics, which includes: physics instrumentation and computation, biophysics, geophysics, physics materials, ...