Indonesian Journal of History Education
Vol 7 No 1 (2019): Indonesian Journal of History Education

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK SEJARAH TERHADAP MINAT BELAJARSISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 POKOK BAHASAN KERAJAAN SINGHASARI

Prastowo, Nyenyep Dwi (Unknown)
Bain, Bain (Unknown)
Suryadi, Andy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengunaan komik Singhasari sebagai media pembelajaaran Sejarah. Untuk mengetahui bagaimana minat belajar sejarah siswa setelah menggunakan komik sebagai media belajar. Untuk mengetahui pengaruh pengunaan komik Singhasari dalam meningkatkan minat belajar sejarah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Pemanfaatan komik Shinghasari sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Cepogo dikatakan berhasil. Penggunaan komik Sighasari berpengaruh terhadap minat belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan program komputer SPSS 25 for windows, diperoleh koefisien regresi variabel X sebesar 0,056, artinya setiap peningkatan penggunaan media komik pada mata pelajaran sejarah  sebesar 1 satuan, maka meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,056, koefisien positif artinya terjadi pengaruh yang positif antara penggunaan media komik dengan minat belajar siswa. Berdasarkan uji korelasi ditunjukan bahwa terdapat pengaruh atara penggunaan komik sejarah terhadap minat belajar sebesar 9%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh antara penggunaan komik Singhasari pada mata pelajaran sejarah terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan media komik sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar Sejarah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...