Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mata pelajaran sejarah  dalam  pembentukan  karakter  peserta  didik  di  SMK  PGRI  1  Mejobo Kudus; mengetahui proses internalisasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran sejarah di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus; dan untuk mengetahui pengaruh internalisasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Pendudukan  Jepang  dan  Proklamasi  Kemerdekaan  Republik  Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah mixed method dengan jenis strategi embedded konkuren. Sampel dalam penelitian ini kelas X RPL, X AKL dan X TKKR 1 diambil dengan teknik simple random sampling dan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, skala pengukuran perilaku peserta didik, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah memiliki peran dalam pembentukan karakter dengan cara menyisipkan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran. Proses internalisasi pendidikan karakter dimulai sejak penyusunan perencanaan pembelajaran sampai  evaluasi pembelajaran sejarah. Regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikan (Asymp.Sig 2-tailed) sebesar 0,2. Karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05 maka nilai residual terdistribusi dengan normal. Artinya terjadi pengaruh yang positif antara internalisasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dari 40 responden sebanyak 72,5% mencapai ketuntasan belajar pada materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan RI.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019