Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) berbasis metode konflik. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu one group pretest posttest desain. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes pemahaman konsep peserta didik yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil posttest pemahaman konsep peserta didik lebih tinggi daripada hasil pretest. Dengan kategori tertinggi pada hasil pretes berada pada kategori baik (B), sedangkan pada hasil postes kategori tertinggi berada pada kategori sangat baik (SB). Adapun berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji paired t-test diperoleh signifikansi 0.000. Karena nilai thitungĀ ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) berbasis metode konflik kognitif.
Copyrights © 2019