Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 7 No 2 (2019): September

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Nurma Apriyana (Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung)
Kartini Herlina (Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung)
Abdurrahman Abdurrahman (Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki validitas sangat baik. Hal tersebut dilihat berdasarkan rata-rata skor uji ahli materi dan desain sebesar 90,55% dan 87,58% dengan kualitas sangat baik. Uji keterbacaan pada kelas A dan B diperoleh rata-rata skor sebesar 82,27% dan 80,64% dengan kualitas sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dilihat dari nilai n-gain pada kelas A dan B sebesar 0,74 dan 0,78 dengan kategori sedang, dan nilai sig. pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kedua kelas. Guru dan siswa memberikan respon yang baik terhadap LKS yang dikembangkan. Simpulan penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...