ABSTRAK: Penelitian ini memiliki latar belakang adanya permasalahan rendahnya hasil belajar dalam kemampuan bercerita di TK Kartika IV-43 Kota Blitar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran menggunakan media boneka jari. Peneliti menemukan kemampuan anak dalam bercerita mengalami kesulitan, dari 15 anak yang mampu bercerita secara lancar hanya 6 anak yang 9 anak belum bisa bercerita dengan lancar. Penyebab permasalahan dari guru sebagai peneliti adalah pembelajaraan yang diberikan monoton dan guru jarang memberikan pembelajaran menggunakan media yang menarik.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan bercerita menggunakan media boneka jari pada Kelompok B TK Kartika IV-43 Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase pada hasil belajar anak. Setelah tindakan pembelajaran menggunakan media boneka jari yang dilakukan dari Siklus I sampai Siklus Faktor yang menyebabkan peningkatan adalah dengan penerapan media boneka jari berarti terjadi pembelajaran bermakna, dan siswa terlibat aktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka jari dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan bercerita kelompok B TK Kartika IV-43 Kota Blitar.
Copyrights © 2019