JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 4, No 2 (2019)

PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIKA TERTULIS SISWA MA DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Arezqi Tunggal Asmana (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan)
Abdur Rohim (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematika tertulis siswa MA dalam pemecahan masalah berdasarkan jenis kelamin dan kemampuan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas XI MIPA MAN 1 Lamongan yang terdiri dari satu siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan keakuratan dan kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi adalah akurat dan lancar. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi adalah lengkap sedangkan siswa laki-laki hanya tidak lengkap untuk menggunakan aturan. Keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki berkemampuan matematika sedang adalah akurat untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya serta membuatkan kesimpulan sedangkan siswa perempuan adalah akurat untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya serta membuatkan gambar/sketsa. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika sedang adalah hanya lengkap untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika sedang adalah lancar. Keakuratan dan kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika rendah adalah hanya akurat dan lengkap untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika rendah adalah tidak lancar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...