Fikiran Masyarakat
Vol 7, No 1 (2019)

Analisa Penilaian Pengajaran Robotika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2, Serpong.

Harry Ramza (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta)
Rosalina Rosalina (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta)
Emilia Roza (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta)
Mohammad Mujirudin (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta)
Muhammad Ramdani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta)
Supardi Atisina (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta)
Agung Pambudi (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta)
Hafiz Sholahudin (Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah No.2, Tangerang Selatan)
Sadriman Sadriman (Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah No.2, Tangerang Selatan)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Telah dilakukan pelatihan tentang teknologi robotika di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2, Serpong, Tangerang. Pelatihan ini memberikan pengajaran tentang perakitan robot pengikut garis (Line Follower Robot). Materi yang diberikan kepada berkaitan dengan pengajaran perakitan elektronika dan pengajaran pemrograman untuk menggerakkan robot. Makalah ini menjelaskan analisa penilaian pengajaran robotika yang dilakukan pada 29 orang pelajar. Metode penilaian dilakukan dengan ujian tertulis yang berisi pertanyaan dengan pilihan berganda. Jumlah pertanyaan yang diberikan sebanyak 12 butir pertanyaan mengenai robotika yang dilakukan setelah proses pengajaran. Penilaian yang diberikan berbentuk uji validitas, tingkat kesukaran soal, serta daya pembeda sehingga ketiga analisa ini akan memberikan rekomendasi penggunaan soal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fm

Publisher

Subject

Other

Description

Visi Jurnal Fikiran Masyarakat sarana informasi ilmu pengetahuan dan pemikiran. Tujuan : 1. Memberikan informasi hasil pemikiran dan penelitian yang dilakukan oleh masyarakat peneliti dan akademik. 2. Memberikan informasi yang berguna untuk membangun masyarakat yang lebih baik. 3. Memberikan ...