Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan Multiple Intelligences System (MIS) dalam pembelajaran anak usia dini berdasarkan: (i) aspek input, (ii) aspek proses, dan (iii) aspek output di Taman Kanak-Kanak Rumah Sekolah Cendekia Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman. Pengabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability dan  uji confirmability. Hasil penelitian: (i) aplikasi MIS aspek input menggunakan alat riset MIR (Multiple Intelligences Research); kualifikasi pelaksana MIR  adalah interviewer, analis dan reporter yang telah dilatih; MIR dilakukan secara individual, konten riset MIR adalah kebiasaan anak; isi laporan MIR adalah potensi kecerdasan, gaya belajar, kegiatan dan permainan yang disarankan; (ii) aplikasi MIS pada aspek proses menunjukkan lesson plan belum berdasarkan hasil MIR anak, guru belum mencantumkan alpha zone, scene setting dan teacher comment; Management Quality Control (MQC) telah dilakukan melalui kegiatan konsultasi lesson plan, (iii) aplikasi MIS  pada aspek output menunjukkan bahwa  guru menerapkan konsep penilaian autentik dengan ability test, discovering ability dan konsep ipsatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019