FKIP e-PROCEEDING
Vol 3 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 PONOROGO DAN SISWA SMA NEGERI 3 PONOROGO PADA MATERI LISTRIK STATIS

Arganata Adji Kusuma (UNIVERSITAS JEMBER)
Sudarti Sudarti (UNIVERSITAS JEMBER)
Subiki Subiki (UNIVERSITAS JEMBER)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2018

Abstract

Listrik statis merupakan konsep yang sangat penting dipelajari karena salah satu penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu kapasitor. Dalam mempelajari konsep fisika, siswa tidak hanya dituntut memahami konsep fisika, siswa harus mampu berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah minat belajar siswa . Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis minat belajar siswa, kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan hubungan antar keduanya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2018 di kelas XII MIPA SMAN 2 Ponorogo dan SMAN 3 Ponorogo. Penelitian ini berupa penelitian desktiptif yang dilakukan dengan pencarian data menggunakan metode tes dan metode angket. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Skor rata-rata minat belajar siswa tertinggi diperoleh siswa SMAN 2 Ponorogo. Berdasarkan indikator minat belajar siswa SMAN 3 Ponorogo lebih senang dalam pembelajaran fisika ; (2) Skor rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi tertinggi diperoleh siswa SMAN 2 Ponorogo. Jika ditinjau berdasarkan indikator materi listrik statis , siswa SMAN 3 Ponorogo memperoleh persentase tertinggi pada materi energi potensial listrik. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi, persentase tertinggi diperoleh oleh siswa SMAN 2 Ponorogo ; (3) Adanya hubungan yang positif antara minat belajar siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kata kunci: Minat belajar siswa, Kemampuan berpikir tingkat tinggi, Listrik statis

Copyrights © 2018