Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
Vol 2 No 1 (2017)

Metode Pembelajaran dan Gaya Kognitif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Wibowo, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dan konvensional, serta gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Jakarta Selatan. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2 x 2. Dalam menghimpun data, digunakan instrumen kuesioner. Data yang sudah terhimpun, dianalisa dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial, menggunakan ANOVA dua jalur dan uji lanjut dengan uji Tukey HSD, pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, pendekatan pembelajaran kontekstual lebih efektif dari pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruhh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika, hasil belajar siswa dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dari siswa dengan gaya kognitif field dependent, (3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. Secara keseluruhan, hasil belajar matematika siswa sangat ditentukan oleh pendekatan pembelajaran dan gaya kognitifnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and ...