Penelitian bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran memorization learning dan belief tentang kimia terhadap kemampuan penalaran kimia, setelah mengontrol pengetahuan awal. Penelitian eksperimen menggunakan treatment by level design 2 x 2, dengan teknik analisis kovarian dua jalan. Populasi terjangkau meliputi seluruh siswa kelas X MAN 3 dan kelas X MAS Laboratorium Jambi, sedangkan sampel sebanyak 60 siswa. Data dihimpun melalui tes dan non-tes. Setelah mengontrol pengetahuan awal siswa, diperoleh hasil: 1) kemampuan penalaran kimia kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran menghafal lebih tinggi dari pada mereka yang menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan keyakinan tentang kimia terhadap kemampuan penalaran kimia, 3) kemampuan penalaran kimia kelompok siswa yang memliki keyakinan yang tinggi tentang kimia, kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran menghafal lebih tinggi dari pada mereka yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, dan 4) kemampuan penalaran kimia kelompok siswa yang memiliki keyakinan rendah tentang kimia, kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran menghafal lebih rendah dari pada mereka yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Rekomendasinya bahwa dalam proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran menghafal dan memperhatikan pengatahuan awal siswa.
Copyrights © 2017