Journal of Biology Education
Vol 2, No 1 (2019): Journal of Biology Education

Analisis Tingkat Kesadaran Lingkungan pada Mahasiswa Tadris IPA dalam Mengaplikasikan Pembelajaran tentang Paperless di IAIN Salatiga

Millatuzzuhriyah, Aufi (Unknown)
Rofiah, hayi Qoidatur (Unknown)
Zuhaida, Anggun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Saat ini lingkungan sudah menunjukkan banyak kerusakan, utamanya hutan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tindakan manusia sebagai pengguna. Seperti halnya pembakaran hutan, pertambangan, penebangan secara liar, dan bahkan tindakan sepele yang seringkali kita abaikan sebenarnya sangat memberikan efek buruk bagi lingkungan jika terus menerus kita lakukan seperti penggunaan kertas (termasuk tissue) yang bebas dan berlebihan. Mahasiswa khususnya mahasiswa Tadris IPA yang diharapkan dapat menjadi pelopor utamanya dalam menjaga kelestarian alam ini, dan menjadi subjek sekaligus tolok ukur dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran mahasiswa Tadris IPA pada lingkungan khususnya dalam mengaplikasikan pembelajaran tentang paperless di IAIN Salatiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis yang digunakan dengan bantuan instrument berupa lembar refleksi yang diberikan kepada 22 mahasiswa Jurusan Tadris IPA FTIK IAIN Salatiga yang diambil secara acak dari semester 3, semester 5, dan semester 7 Tahun Ajaran 2018/2019. Dari data yang didapatkan, tingkat kesadaran lingkungan pada mahasiswa Tadris IPA dalam mengaplikasikan pembelajaran tentang paperless masih tergolong rendah dengan persentase nilai rata-rata yaitu 41,8%. Hal ini disebabkan oleh berbagai aspek termasuk diantaranya adalah pola hidup mahasiswa baik didalam maupun diluar kelas. Sehingga kedepannya diharapkan mahasiswa Tadris IPA sebagai pelopor konservasi lingkungan melalui pembelajaran IPA dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan pada mahasiswa Tadris IPA IAIN Salatiga.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Journal Of Biology Education (JOBE) has number of E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this ...