Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 9, No 1 (2019): Madania

Pengetahuan Manajemen Guru Dalam Mengelola Kelas Di Sdit Al Kautsar Madani

Afi Parnawi (stai ibnu sina batam)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Guru adalah sumber pengetahuan  bagi anak didiknya. Dalam konteks persoalan manajemen kelas, yang dapat dilakukan oleh guru adalah pelaksanaan mengatur pembelajaran secara baik. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Peran Guru Dalam Pelaksanaan dan peran dalam mengatasi kendala-kendala manajemen kelas SDIT Al Kautsar Madani Kota Batam. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara, adapun yang menjadi informan ialah enam orang guru kelas. Teknik analisis data dengan tahapan: mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian peran guru dalam mengatur manajemen siswa dengan selalu memberi motivasi kepada siswa untuk belajar dengan baik, dan memberikan nashehat. Siswa yang berbuat tidak baik guru memberi teguran, sehingga perilaku siswa yang tidak baik tersebut tidak berkelanjutan, guru kelas di SDIT Al Kautsar Madani Kota Batam sangat berperan dalam merencanakan, mengorganisakan dll, dengan cara guru membina dan membimbing peserta didik sesuai dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya, membantu peserta didik belajar dan bekerja sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya, dan mengatasi hambatan-hambatan yang menghalangi terwujudnya interaksi dalam kegiatan belajar mengajar. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

madania

Publisher

Subject

Other

Description

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, ...