Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak didik belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan permainan acak geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan acak geometri terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak di TK Nasyithatun Nisa Teluk Kiambang Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 13 orang anak didik yang terdiri dari satu kelas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Prasyarat dan uji Hipotesis dengan menggunakan program SPSS 17. Hipotesis penelitian adalah kegiatan penggunaan permainan acak geometri mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak kelompok B di TK Nasyithatun Nisa. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data pada perbandingan pretest dan posttest yang diperoleh thitung= 50,229 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan permainan acak geometri dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh permainan acak geometri sebelum dan sesudah perlakuan. Pengaruh permainan acak geometri terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak di TK Nasyithatun Nisa sebesar 82,005%.Kata Kunci: Perkembangan Kecerdasan Logika-Matematika, Permainan Acak Geometri
Copyrights © 2019