Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 1, No 2 (2015): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 5 SURAKARTA

Theresi Setianingrum (Unknown)
Agus Efendi (Unknown)
Rima Sri Agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 5 Surakarta dengan model pembelajaran kooperatif tipeEveryone Is Teacher Here pada mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang, (2) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 5 Surakarta dengan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is Teacher Here pada mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisis data dengan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 28 siswa: Ranah kognitif pada pra siklus 35,71%, siklus I 67,86%, dan siklus II 82,14%; Ranah afektif pada pra siklus 39,29%, siklus I 57,14%, dan siklus II 78,57%; Ranah psikomotorik pada pra siklus 32,14%, siklus I 57,14%, dan siklus II 82,14%; dan keaktifan pada pra siklus 53,57%, siklus I 60,71%, dan siklus II 78,57%. Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe EveryoneIs Teacher Here siswa dapat menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe EveryoneIs Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu beton SMK N 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is Teacher Here

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...