Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 2, No 2 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

Nurudin, Rizal (Unknown)
Rahmawati, Anis (Unknown)
trisno, Su (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mengetahui perbandingan motivasi belajar menggunakan metode demonstrasi dan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior bangunan di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo. (2) Mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa menggunakan metode demonstrasi dan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior bangunan di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitianIntact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB dengan jumlah 66. Sampel penelitian diambil sebanyak 32 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu satu kelas dengan metode demonstrasi dan satu kelas dengan metode example non example dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket dan observasi. Validitas intrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai rata-rata motivasi belajar dengan metode demonstrasi lebih besar dibanding metode example non examplesebesar 57,30 > 53,70. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 4,14 > t tabel = 2,101 (2) Nilai rata-rata prestasi belajar metode demonstrasi lebih besar dibanding metode example non example sebesar 86,25 > 81,75. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 7,89 > t tabel = 2,145. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dibandingkan dengan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...