Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 5, No 1 (2019): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 MADIUN TAHUN 2017/2018

Novie Annisya Nusantika Putri (Unknown)
AG thamrin (Unknown)
rima sri agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Praktik Kerja Industri(PRAKERIN) terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMKNegeri 1 Madiun. (2) Pengaruh prestasi mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerjasiswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Madiun. (3) Pengaruh keduanyaterhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Madiun.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi adalah siswakelas XII Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2017/2018sebanyak 41 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian iniadalah total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi,kuisioner/angket. Pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi linear bergandadengan uji prasyarat analisis yaitu, uji normalitas residual, uji linieritas, ujimultikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil uji tantara variabel Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) (X1) dan variabel kesiapan kerja (Y)diperoleh nilai sign 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS < 0,05, makaHo ditolak dan Ha diterima sehinga terdapat pengaruh antara Praktik Kerja Industri(PRAKERIN) (X1) terhadap kesiapan kerja (Y). (2) Berdasarkan hasil uji t antara variabelprestasi belajar mata pelajaran produktif (X2) dan variabel kesiapan kerja (Y) diperolehnilai sign 0,065 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS > 0,05, maka Hoditerima dan Ha ditolak sehinga tidak terdapat pengaruh antara prestasi belajar matapelajaran produktif (X2) terhadap kesiapan kerja (Y). (3) Berdasarkan hasil uji F diperolehnilai sign 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS < 0,05, maka Ho ditolakdan Ha diterima sehinga terdapat pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) (X1)danprestasi belajar mata pelajaran produktif (X2) terhadap kesiapan kerja (Y)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...