Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Untuk: Membuktikan ada atau tidak adanya pengaruh kompetensi Pedagogik dan sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Al-Kahfi Sumbawa Tahun pelajarn 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan komparatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan koesioner/angket, dokumentasi dan observasi. Tekhnik analisi data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda kemudian di hitung dengan menggunakan aplikasi SPSS 16,0. Hasil perhitungan dengan menggunakan regresi linier sederhana yaitu: 1) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 14,566 > ttabel 2,000. 2) Terdapat pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 10,680 > ttabel 2,000. 3) Hasil perhitungan dengan menggunakan regresi liner berganda yaitu Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nila F hitung 11.079 > 3,11. pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Abstract: This research aims to prove the presence of the pedagogic influence and social competence of Islamic education teacher in the creative thinking skills of Vocational High School’s student of Alkahfi in academic year 2018/2019. This research uses Quantitative approaches with data collection techniques using questionnaires, documentation, and observations. The data analysistechnique uses simple linier regression analysis and multiple liniear regression then calculated by using the SPSS 16.0 aplication.The calculations with simple liniear regression result are: 1) A pedagogic competence influence Islamic Education teachers to the creative thinking skills of students, acquired significance value of 0.000 < 0,05 and the calculated T value of 14.566 > T Table 2.000. 2) A social competence influence Islamic Education teachers to the creative thinking skills of students, acquired significance value of 0.002 < 0.05 and the calculated T value of 10.680 > T table 2.000. 3) calculation result by using linier regression A double is the influence of the pedagogic and social competence of PAI teacher toward the student’s creative thinking, the significance value for the simultaneous influence of XI and X2 against Y is 0.000 < 0.05 and the F count 11.079 > 3.11. Effec of X1 and X2 simultaneously against Y.
Copyrights © 2019