Edukasi : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan
Vol 9 No 2 (2017): Vol. 9 No. 2 Desember 2017

PERSEPSI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DAN KOMITMEN AFEKTIF ORGANISASI GURU SMK DI KABUPATEN KEBUMEN

Sholeh, Khabib (Unknown)
Sukirno, Sukirno (Unknown)
Fakhrudin, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru terhadap minat belajar siswa dengan komitmen afektif profesi pada guru SMK Negri di Kabupaten. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala likert sebagai alat untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini digunakan statistik korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil analisis data dengan metode analisis product moment pearson menunjukkan koefisiensi korelasi antara variabel persepsi terhadap minat belajar dengan komitmen afektif organisasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap minat belajar dengan komitmen afektif terhadap organisasi yang ditunjukkan oleh angka koefisisen korelasi r = 0,370 dengan peluang kesalahan p = 0,010 (p < 0,01). Tidak adanya tanda negatif pada skor korelasi tersebut menunjukkan bahwa makin positif persepsi guru terhadap minat belajar siswa maka akan semakin tinggi pula komitmen afektif terhadap organisasi yang ditunjukkan para guru. Berdasarkan  hasil perhitungan yang telah dilakukan, didapat bahwa sumbangan efektif (R Squared) adalah sebesar 13,7%. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap minat belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 13,7% terhadap komitmen afektif organisasi pada guru.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi is a scientific journal Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Magelang. This Journal serves as a means of dissemination of scientific research results conducted by the academicians both from internal and external. Edukasi contains research results and theoretical ...