Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui media gambar seri di kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum tindakan diperoleh persentase 35% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 20% sehingga menjadi 55%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 30% dari siklus I sehingga menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita anak di kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari dapat ditingkatkan melalui media gambar seri. Kata kunci: Kemampuan Bercerita, Media, Gambar Seri
Copyrights © 2018